Tipe Pengkabelan LAN

Ada empat macam tipe pengkabelan pada local area network, yaitu :
1. Thin Ethernet (Thinnet)
Thin Ethernet atau Thinnet memiliki keunggulan dalam hal biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan tioe pengkabelan lain, serta pemasangan kompinennya lebih mudah. Panjang kabel thin coaxial/RG-58 antara 0,5 - 185 m dan maksimum 30 komputer terhubung.

2. Thick Ethernet (Thicknet)
Dengan Thick Ethernet atau Thicknet, jumlah komputer yang dapat dihubungkan dalam jaringan akan lebih banyak dan jarak antara komputer dapat diperbesar, tetapi biaya pengadaan pengkabelan ini lebih mahal sertapemasangannya relatif lebih sulit dibandingkan dengan Thinnet. Panjang kabel maksimum 500 m dengan maksimum 100 transceiver terhubung.

3. Twisted Pair Ethernet
- Kabel Twisted Pair ini terbagi menjadi dua jenis yaitu shielded dan unshielded. Shieded adalah jenis kabel yang memilki selubung pembungkus sedangkan unshielded tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel ini menggunakan konektor RJ-11 atau RJ-45.
- Pada twisted pair (10 BaseT) network, komputer disusun membentuk suatu pola star. Setiap PC memilki satu kabel twisted pair yang tersentral pada HUB. Twisted pair umumnya lebih handal.

4.  Fiber Optic
Jaringan yang menggunakan Fiber Optic (FO) biasanya perusahaan besar, dikarenakan harga dan proses pemasangannya lebih sulit. Namun demikian, jaringan yang menggunakan FO dari segi kehandalan dan kecepatan tidak diragukan. Kecepatan pengiriman data dengan media FO lebih dari 100Mbps dan bebas pengaruh lingkungan.





 

GLOBAL WARA Copyright © 2011-2012 | Powered by Adhi Purna Hermawan